Multiple Remote Desktop on Microsoft Windows XP, Vista and 7 (Windows 8 Nyusul :P)


Remote Desktop Protocol atau sering disingkat menjadi RDP adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop yang biasanya digunakan untuk mengendalikan/control jarak jauh (remote) sebuah sistem komputer (windows) lengkap dengan tampilan grafisnya seakan-akan kita duduk didepan di mesin yang kita kendalikan. Perlu digaris bawahi disini saya akan membahas tentang layanan remote desktop yang terdapat pada sistem operasi Microsoft Windows versi Desktop, bukan Windows Server/Windows terminal Services.
Langsung aja, Idealnya secara standar (default) sistem operasi desktop keluarga Microsoft Windows, mulai dari Windows XP, Vista dan 7 (Seven) dari yang Edisi Starter, Basic, Home, Profesional, Ultimate sampai yang Enterprise Dalam satu waktu hanya mengijinkan 1 pengguna saja yang aktif menggunakan desktop baik secara remote maupun akses langsung ke komputer. Dengan kata lain jika ada pengguna yang sedang aktif menggunakan windows kemudian ada user lain yang ingin menggunakan windows tersebut secara remote, maka salah satu dari user harus mengalah (switch user,logoff atau ditendang secara paksa :)) ).
Windows Remote Desktop
Namun dengan beberapa trik kita bisa membuka batasan tersebut sehingga windows versi desktop dapat diremote desktop secara bersamaan oleh beberapa user dalam satu waktu tanpa mengganggu user yang sedang aktif. Tanpa menggunakan software yang mahal atau upgrade ke versi windows server. bahkan dengan trik ini saya bisa meremote desktop yang sedang saya gunakan sendiri hehehehehe.. :D,

Windows 7 Meremote Diri Sendiri
Beberapa hal yang perlu diketahui dalam menggunakan multiple remote desktop ini adalah:
  1. User yang digunakan untuk meremote windows secara bersamaan, haruslah user yang berbeda, jadi jika ada  5 orang yang ingin login pada sistem windows secara bersamaan pada satu waktu, maka harus dibuat juga 5 user pada sistem windows tersebut. 
  2. Cara ini sudah pernah penulis coba di windows yang bajakan maupun yang original/license (retail dan OEM), untuk masalah legalitas dikembalikan pada anda  hehehe :)
Okehh deh langsung aja...

1. Menggunakan Universal Termserv.dll
Cara yang paling mudah adalah menggunakan Universal Termsrv.dll Patch dengan menggunakan software ini batasan dari remote desktop sistem operasi microsoft windows desktop bisa terbuka, tapi untuk beberapa edisi windows tidak berjalan dengan mulus :( , tidak berhasil pada beberapa windows bukan berarti tidak berhasil bagi anda,  silahkan download disini


Universal Termserv Patch
Cara penggunaanya cukup mudah tinggal jalankan aplikasi dengan hak akses administrator dan klik patch, restart,  jrennng jrenngg.... komputer windows anda telah siap untuk dikeroyok bersamaan :D, jika ingin kembali seperti semula klik restore.

Meremote Windows Vista HP yang sedang digunakan dari Windows 7

2. Menggunakan Patch Termserv.dll sesuai dengan versi Windows
Cara ini merupakan cara yang penulis sarankan karena sering digunakan dan selalu berakhir dengan sukses :D, berbeda dengan Universal Termsrv.dll Patcher yang dapat digunakan untuk beberapa versi Windows. sekaligus. Pacth termserv.dll memiliki beberapa versi tergantung versi sistem operasi arsitektur dan service pack yang terinstall.

A. Patch Termserv.dll Windows XP
Download patch dibawah ini, ekstrak kemudian copykan  ke  
%windir%\system32\dllcache
%windir%\system32\
Sebelumnya rename termsrv.dll yang asli menjadi termsrv.dll.bak (untuk antisipasi) 
Jika muncul dialog file protection abaikan dan jangan masukkan CD windows XP
kemudian jalankan ts_concurrent_session_patch.reg
Jika terjadi kesulitan karena file termsrv.dll tidak bisa direname tau dicopykan masuk ke safe mode
Download patch Termsrv.dll untuk windows XP disini


B. Patch Termserv.dll Windows Vista
Download patch dibawah ini, ekstrak kemudian pilih sesuai dengan arsitektur windows yang digunakan (32 Bit atau 64 Bit) dan edisi windows vista yang digunakan  (Home Premium, Profisional , Ultimate) untuk edisi yang tidak terdaftar gunakan batch Premium.bat, Jalankan Batch file (.bat) dengan hak akses administrator sesuaikan dengan edisi windows vista yang digunakan. jalankan juga registry yang disertakan kemudian restart komputer.. and  Ready to Use
Download patch Termsrv.dll untuk windows Vista  disini


Proses Patch Sedang Berlangsung

C. Patch Termserv.dll Windows 7 Seven
Download patch dibawah ini, ekstrak kemudian pilih sesuai dengan arsitekture windows yang digunakan (32 Bit atau 64 Bit) dan edisi windows 7 yang digunakan  (Home Premium, Profisional , Ultimate) untuk edisi yang tidak terdaftar gunakan batch Premium.bat, Jalankan Batch file (.bat) dengan hak akses administrator sesuaikan dengan edisi windows 7 yang digunakan. jalankan juga registry yang disertakan kemudian restart komputer... and  Ready to Use
Download patch Termsrv.dll untuk windows Vista  disini

Windows 7 no SP          Windows 7 SP1
 

Meremote Windows 7 dari Windows Vista kemudian 
Meremote kembali Windows Vista yang meremote Windows 7 tersebut
(Bingung kan, sama hehe  :-/ ) 

Dengan menggunakan patch termsrv.dll pada sistem operasi microsoft windows dekstop asli, kita dapat memanfaatkan agar sebuah PC berisi Windows apat digunakan oleh lebih dari satu user pada satu waktu,  dan dengan mengkombinasinya dengan RDesktop pada Distribusi GNU/Linux maupun Linux Terminal Server Project (LTSP) kita bisa menghemat biaya license windows :P :P, b-)

Meremote Windows XP Pro secara Keroyokan dari GNU/Linux Ubuntu
Perlu diketahui patch Termsrv.dll yang digunakan disini, didapat dengan mempatch file termsrv.dll yang asli pada sistem windows, dengan merubah nilai hexadecimal pada file termsrv.dll menggunakan Hex Editor , Universal Termserv.dll patch juga bekerja dengan prinsip yang sama,  jadi sama sekali tidak mengandung malware apalagi virus..... dan akhirnya..... Selamat mencoba :D ... b-) b-)

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.