Penampakan Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelot Beta 2



Tidak lama setelah mengeluarkan versi pengembangan Ubuntu 11.10 Beta 1 pada tanggal 1 September 2011 kemarin, sesuai dengan jadwal yang ditentukan pada tanggal 22 September 2011 canonical sebagai pengembang sistem operasi GNU/Linux Ubuntu kembali merilis versi pengembangan Ubuntu 11.10 beta 2. Dimana setiap pengguna yang ingin mencobanya dapat mengunduhnya dan memasangnya pada sistem yang mereka miliki, tapi sangat tidak disarankan untuk memasanganya pada mesin produksi. Berikut saya berikan ulasan singkat dari Ubuntu 11.10 beta 2 fresh install.

Pada versi pengembangan Ubuntu 11.10 beta 2 ini beberapa paket aplikasi Synaptic Package Manager dan  PiTiVi video editor telah dihilangkan dari default installer, meskipun telah ditiadakan dari default installer pengguna masih bisa memasangnya kembali menggunakan Ubuntu sotware center dengan mudah :)

Memasang Pitivi Video Editor - Ubuntu Software Center
Ubuntu 11.10 Beta 2 sendiri telah mulai menggunakan linux kernel 3.0.0-11, dengan penggunaan kernel versi terbaru diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap beberapa perangkat keras yang sebelumnya tidak dapat berjalan dengan baik.

Ubuntu 11.10 Beta 2 - Kernel
Sejak dari versi pengembangan Oneiric Ocelot Beta 1  LightDM yang digunakan pada Ubuntu 11.10 telah menggunakan unity greeter yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan login screen milik OS X Lion dan Windows 8 Dev :D

Ubuntu 11.10 Beta 2 - LightDM
Ubuntu 11.10 Beta 2 - Alt+Tab switcher
Untuk urusan berselancar di internet dan membaca e-mail , Ubuntu 11.10 Beta 2 masih mempercayakan pada Mozilla Firefox 7.0 Beta 6 sebagai default browser dan Mozilla ThunderBird 7.0 Beta 3 sebagai default e-mail client menggantikan evolution. Pada Ubuntu 11.10 oneiric ocelot opsi lain bisa dipilih dengan memasang chromium browser yang dapat dipasang dengan mudah menggunakan ubuntu software center.

Ubuntu 11.10 Beta 2 - Mozilla Firefox 7.0 Beta 6
Ubuntu 11.10 Beta 2 - ThunderBird 7.0 Beta 3
Unity yang merupakan default desktop envirovment pada Ubuntu 11.10 beta 2 sendiri telah ditingkatkan sehingga menjadi lebih stabil dibandingkan dengan versi  pengembangan sebelumnya., dan kabar baiknya untuk anda yang tidak ingin menggunakan Unity sebagai desktop envirovment Ubuntu 11.10 telah menambahkan gnome-shell pada daftar aplikasi resmi yang dapat dipasang dengan mudah untuk menggantikan Unity :)

Desktop Unity - Ubuntu 11.10 Beta 2
Radiance Themes - Ubuntu 11.10 Beta 2
Ubuntu software center yang merupakan pusat untuk mengelola seluruh paket perangkat lunak berbasis grafis yang terdapat pada Ubuntu 11.10 Beta 2 semakin memberikan kemudahan kepada pengguna, hal ini bisa dilihat dengan ditampilkannya paket perangkat lunak yang memiliki rating tinggi beserta penjelasan singkat mengenai paket perangkat lunak tersebut.

Ubuntu Software Center - Ubuntu 11.10 Beta 2
Libre Office 3.4.3 - Ubuntu 11.10 Beta 2
Bagi yang tak sabaran dang ingin menjajal Ubuntu 11.10 Beta 2 dapat mengunduhnya melalui alamat dibawah ini :

*Saran
lebih baik menunggu rilis finalnya - karena jarak antara peluncuran versi pengembangan ubuntu 11.10 Beta 2 dengan ubuntu versi final 11.10 (stable) relatif dekat, apalagi bagi yang memiliki akses internet terbatas :D

Semoga ulasan singkat mengenai Ubuntu 11.10 Beta 2 ini dapat menghilangkan sedikit rasa penasaran dari pengguna setia Ubuntu, yang tengah menanti rilis final dari oneiric ocelot :)

Daftar Pustaka :
https://wiki.ubuntu.com/OneiricOcelot/TechnicalOverview/Beta2

7 komentar:

spikeyhaunted said...

nunggu aja lah kalo gitu... hehe

wagungs said...

@spikeyhaunted : sippp :) ,,

..:: silahkan dilihat-dilihat ::..terserah deh said...

nunggu fnalnya aaah

unggul said...

mas, misal kita dah instal natty, trus mau diupgrade kwe onieric, bisa gak??? sharing caranya ya mas. oya... minta akun FBnya dung...thanks before

wagungs said...

@unggul:
bisa,, akan saya buat artikelnya setelah oneiric ocelot stable version dirilis :)
https://www.facebook.com/wagung

Lorenz Adam said...

mas, kalau kita install Ubuntu Natty truz install juga Distro yang lain bisa kah mas ..?

wagungs said...

@Lorenz:
Bisa :)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.