Bermain Permainan SEGA Jadul di Ubuntu 11.10 Oneiric



Permainan konsol (console game) zaman sekarang telah menghadirkan sesuatu  yang memukau dengan tampilan grafisnya serta kecerdasan buatan yang disertakan namun ada kalanya kita bosan dengan efek-efek canggih tersebut, dan malah ingin bernostalgia kembali mengenang permainan-permainan konsol jaman dulu yang masih berpenampilan 2 Dimensi. Sonic, Super Mario Bros, Mortal Combat adalah contoh permainan konsol jadul yang pernah berjaya  di tahun 80-90an, dan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghadirkan kembali permainan konsol jadul tersebut di komputer adalah menggunakan emulator. Disini saya akan membahas salah satu emulator bernama Gens/GS yang dapat digunakan untuk menjalankan permainan-permainan jadul yang pernah berjalan di console Sega Mega Drive :D 
Sekilas Gens/GS
Gens/GS is a version of Gens (Sega Mega Drive emulator) maintained by GerbilSoft. The main goal of Gens/GS is to clean up the source code and combine features from various forks of Gens, as well as improving portability to other platforms.
Gen/GS sendiri tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan GNU/Linux, Untuk sistem operasi Ubuntu 11.10 saya menggunakan Gens/GS Release 7 (Ubuntu 8.04+, i386)
Download Gens/GS melalui alamat dibawah ini :
http://segaretro.org/Gens/GS#Download

Download Gen/GS untuk GNU/Linux Ubuntu
Memasang Gens/GS :
Install paket aplkikasi Gens/GS yang telah didapat (berbentuk .deb) menggunakan Ubuntu Software center, gdebi ataupun perintah dpkg melalui terminal , sesuaikan selera aja :D.


Install Gens/GS
Setelah proses installasi selesai  download ROM Gens/GS melalui alamat dibawah ini :
http://www.freeroms.com/genesis.htm

Download ROM
Beberapa ROM ( Sonic & Knuckles, Tiny Toon Adventures, Sunset Riders,  Shinobi 3 ) yang sudah saya coba mainkan menggunakan Gens/GS  dapat berjalan lancar lengkap dengan suaranya menggunakan settingan default dari Gens/GS  :D

Beberapa tangkapan layar dari Gen/GS pada Sistem Operasi Ubuntu 11.10 :

Shinobi 3 Return of The Ninja Master
Mortal Kombat 3
Sonic & Knuckles
Sunset Riders
Tiny Toon Adventures

Selamat bernostalgia ;)

5 komentar:

Sugiyarto said...

itu mainya bisa pake stik usb gan?

wagungs said...

@Sugiyarto:
Bisa bro,, asalkan input device (joystick/gamepad) sudah dikenali,, tinggal dikonfigurasi dioptions Gens/G :)

Adi said...

kok di ubuntu 11.10 ga bisa di instal ya?

Unknown said...

kereeennn....
numpang copy gan :p

Sulaiman said...

Mantap gan, Bisa diinstall di 11.04
Good Post :)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.