Rilis: Kali Linux 1.0


What is Kali Linux ?
Kali Linux is the new generation of the industry-leading BackTrack Linux penetration testing and security auditing Linux distribution.
Kali Linux is a complete re-build of BackTrack from the ground up, adhering completely to Debian development standards.
Mudahnya bisa dikatakan, Kali Linux adalah BackTrack (Penetration Testing Distribution) yang dibuat kembali dengan menggunakan basis Debian, perlu diketahui meskipun BackTrack Linux  juga menggunakan  managemen paket perangkat lunak .deb BackTrack dibuat menggunakan basis Ubuntu, perbedaan ini mirip dengan perbedaan antara  Linux Mint Debian Edition (LMDE) yang berbasis Debian dan Linux Mint (reguler) yang berbasis Ubuntu.

Whats New in Kali Linux ?
From an end user perspective, the most obvious change would be the switch to Debian and an FHS-compliant system. What this means is that instead of having to navigate through the /pentest tree, you will be able to call any tool from anywhere on the system as every application is included in the system path. However, there’s much hidden magic in that last sentence. I’ll quickly list some of the new benefits of this move.
Dari yang penulis lihat Kali Linux menggunakan repositori Debian Testing dan Sid, penggunaan repositori tersebut mungkin dimaksudkan agar paket-paket perangkat lunak yang terdapat pada Kali Linux dipastikan selalu menggunakan versi yang baru dan mutakhir (bleeding edge), keuntungan dari penggunaan repositori tersebut juga adalah Kali Linux dapat dengan mudah diperbarui ketika Kali Linux versi terbaru keluar tanpa harus melakukan pemasangan ulang (semi-rolling release)

Pengguna yang ingin mengunduh dan mencoba Kali Linux bisa mengunduhnya melalui halaman berikut,



Untuk proses pemasangan kali linux, (penulis menggunakan versi kali-linux-1.0-amd64-mini.iso) tahapannya sama dengan seperti proses pemasangan linux debian, dapat dilihat pada tangkapan layar berikut,





Untuk pengguna sistem operasi Debian Wheezy dan distribusi berbasis debian seperti LMDE  dam BlankON 8.0 Rote yang tertarik mencoba menggunakan Repositori Kali Linux dapet menambahkan source.list berikut,

## Kali Linux Repository
deb http://security.kali.org/kali-security kali/updates main contrib non-free
deb http://http.kali.org/kali kali main contrib non-free

Untuk menggunakan repositori diatas pada distribusi Debian tambahkan kali-archive-keyring.gpg pada sistem

sudo wget -P /usr/share/keyrings http://dropbox.com/u/16105254/kali-linux/kali-archive-keyring.gpg
http://dl.dropbox.com/u/16105254/kali-linux/kali-archive-keyring.gpg


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.